Tentang Photosop beserta Tutorial

Tentang PHOTOSOP
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Pengembangan Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program ini, yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro.[1] Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; "total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan" dengan cara ini.[2]
Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988.[1] Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh.[3]

Fitur

Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.
Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti background, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.
Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama "Photoshop CS2." "CS" merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi "Creative Suite buatan Adobe dan disebut "2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan "warp," versi kurva dari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadir sebagai plug-in 8BF.
Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.

CS5
Versi beta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006. Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakan bulu sebagai logonya, Logo untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi, dengan huruf 'Ps' berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien.

Camera RAW 3.x
Versi terakhirnya dilengkapi dengan Adobe Camera RAW, sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.
Secara Photoshop adalah sebuah program penyunting gambar standar industri yang ditujukan untuk para profsional raster grafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi; kira-kira US$600. Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatan grafik (graphics tools) dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk menghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya, Adobe memperkenalkan Photoshop Elements, sebuah versi lain dari Photoshop yang lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawah US$100. Produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan menghilangkan beberapa fitur profesional.

Format File

Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar berformat raster seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas:
  • .PSD (Photoshop Document) format yang menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, channel alpha, clipping paths, dan setting duotone. Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
  • .PSB' adalah versi terbaru dari PSD yang didesain untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
  • .PDD adalah versi lain dari PSD yang hanya dapat mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Tool

Tool dalam Adobe Photoshop adalah alat yang dapat membantu pengguna dalam mengedit. Adobe Photoshop CS3 memilikit 59 tool yang dapat dipakai oleh pengguna. Tool - tool tersebut terdiri dari berbagai macam tool dengan kegunaan yang spesifik. Beberapa tool - tool yang ada di Photoshop antara lain :
  • Move Tool
  • History Brush Tool
  • Eraser Tool
  • Path Selection Tool
  • Direct Selection tool
  • Pen Tool
  • Shape Tool
  • Brush Tool
  • Audio Annotation Tool
  • Eyedropper Tool
  • Measure Tool
  • Text Tool
  • Hand Tool
  • 3D Object Rotate Tool
  • 3D Rotate Camera Tool

Dampak terhadap industri


Sebuah contoh dari manipulasi deletion. Gambar aslinya berada di sebelah kiri.

Montase dari 16 foto menggunakan Photoshop.
Pengembangan manipulasi gambar digital banyak memengaruhi industri fotografi. Pengembangan tersebut menciptakan seni pengolah gambar (photo retouching) dan mengubah cara kerja: produk yang biasanya hanya dapat diciptakan oleh fotografer profesional selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, kini dapat diproduksi oleh seniman amatir sekalipun. Manipulasi gambar digital telah menyumbang begitu banyak hal kepada dunia fotografi dengan memungkinkan manipulasi yang awalnya sulit atau bahkan tak mungkin. Photoshop berperan besar dalam perkembangan dunia digital saat ini.
Pada masa revolusi fotografi digital di tahun 90-an, Photoshop menjadi standar di dunia industri. Banyak fotografer yang menggunakan program ini untuk mengoptimalkan hasil akhir foto yang mereka ciptakan.
Dengan kehadiran tablet grafik, terutama dari Wacom, program seperti Adobe Photoshop dan Corel Painter semakin dibutuhkan untuk menciptakan gambar orisinal. Dengan menggunakan pressure sensitive tablet dapat meningkatkan efek paint brush, eraser, atau tool lainnya. Tablet digunakan secara global oleh para ilustrator komik profesional, arsitek, seniman studio, dan lainnya. Bahkan ILM, perusahaan spesial efek yang berperan dalam produksi film Star Wars, menggunakan tablet yang dikombinasikan dengan Photoshop untuk mengoptimalkan hasil-produksinya.

Kebudayaan

Kata Photoshopping muncul sebagai sebuah neologisme, yang berarti "menyunting sebuah gambar", meskipun pengolahan gambar itu sendiri tidak menggunakan Photoshop sebagai programnya (sama seperti Google yang saat ini dapat digunakan sebagai kata kerja). Adobe discourages use of the term [4] out of fear that it will undermine the company's trademark. The term photoshop is also used as a noun referring to the altered image.
Photoshopping gambar untuk tujuan humor menjadi populer dikalangan anggota beberapa website seperti Something Awful dan Fark. Kontes Photoshop juga menjadi sebuah tradisi bagi para pengguna software ini.

Sejarah perilisan

Versi Platform Nama kode Tanggal rilis Perubahan
0.63 Macintosh
Oktober 1988
1.0 Macintosh
Februari 1990
2.0 Macintosh Fast Eddy Juni 1991
  • Path
2.0.1 Macintosh
Januari 1992
2.5 Macintosh Merlin November 1992
Windows Brimstone
IRIX, Solaris
November 1993
2.5.1 Macintosh
1993
3.0 Macintosh Tiger Mountain September 1994
  • Tabbed Palettes
  • Layers
Windows, IRIX, Solaris [5]
November 1994
4.0 Macintosh, Windows Big Electric Cat November 1996
  • Adjustment Layers
  • Actions (macro)
4.0.1 Macintosh, Windows
Agustus 1997
5.0 Macintosh, Windows Strange Cargo Mei 1998
  • Editable type (Sebelumnya, ketikan akan dirasterisasi ketika dimasukan ke dalam gambar)
  • Multiple Undo (History Palette)
  • Color Management
  • Magnetic Lasso
5.0.1 Macintosh, Windows
1999
5.5 Macintosh, Windows
Februari 1999
  • Satu paket dengan ImageReady
  • Extract
6.0 Macintosh, Windows Venus in Furs September 2000
  • Bentuk vektor
  • Perubahan layar tampilan
  • Filter "Liquify"
6.0.1 Macintosh, Windows
Maret 2001
  • Penambahan memory usage
  • Pengembangan Paintbrush picker
  • Memperbaiki bug Clipping path save/export
7.0 Mac OS 'Classic'/Mac OS X, Windows Liquid Sky Maret 2002
  • Mengubah format teks menjadi vektor
  • Healing Brush
  • Painting engine baru
  • Menghilangkan dukungan alpha channel untuk format file TGA dan menggantinya dengan "embedded alphas", sebuah metode eksperimental yang secara otomatis memunculkan data transparansi.
7.0.1 Mac OS 'Classic'/Mac OS X, Windows
Agustus 2002
  • Camera RAW 1.x (plugin opsional)
  • Mengembalikan dukungan alpha channel untuk format file TGA, dan menghilangkan fitur "embedded alphas".
CS (8.0) Mac OS X, Windows Dark Matter October 2003
  • Camera RAW 2.x
  • Modifikasi "Slice Tool"
  • Perintah Shadow/Highlight
  • Perintah Match Color
  • Filter "Lens Blur"
  • Smart Guides
  • Real-Time Histogram
  • Deteksi dan penolakan untuk mencetak gambar hasil-scan banknote[6]
  • Perlindungan kopi Macrovision menggunakan teknolohi Safecast DRM
CS2 (9.0) Mac OS X, Windows Space Monkey April 2005
  • Camera RAW 3.x
  • Smart Objects
  • Image Warp
  • Spot healing brush
  • Red-Eye tool
  • Lens Correction filter
  • Smart Sharpen
  • Smart Guides'
  • Vanishing Point
  • Peningkatan manajemen memori pada mesin PowerPC G5 Macintosh 64-bita yang menjalankan Mac OS X 10.4
  • Mendukung High dynamic range imaging (HDRI)
  • Mendukung scripting JavaScript dan bahasa lainnya
  • Tambahan fitur "smudging", seperti misalnya "Scattering"
  • Memperbaiki seleksi layar, seperti kemampuan untuk memilih lebih dari satu layer.
CS3 (10.0) Universal Mac OS X, Windows Red Pill Musim semi 2007 [7] Versi betanya dirilis tanggal 15 Desember 2006 untuk pemilik Photoshop CS2, Creative Suite, dan perangkat lunak Adobe lainnya.[8][9][10]
  • Tambahan dukungan untuk platform Macintosh berbasis-intel
  • Perubahan layar tampulan
  • Tambahan fitur untuk Adobe Camera RAW
  • Quick Selection tool
  • Perubahan Curves, Vanishing Point, Channel Mixer, Brightness dan Contrast, dan dialog saat mencetak
  • Pengaturan konversi Black-and-white
  • Auto Align dan Auto Blend
  • Smart Filters
  • optimisasi Mobile device graphic
  • Pengembangan cloning dan healing
CS4, CS4 Extended (11.0) Universal Mac OS X, Windows Stonehenge 30 Oktober 2008[11]
  • Smoother panning and zooming and fluid canvas rotation
  • OpenGL display acceleration in Photoshop
  • Native support for 64-bit on Windows Vista x64
  • Adjustments panel
  • Auto-blending of images
  • Masks panel
  • Improved Adobe Photoshop Lightroom workflow
  • Content-aware scaling
  • Better raw image processing
  • Extended depth of field
  • Dramatically enhanced color correction
  • Auto-alignment of layers
  • New file display options (tabbed document display and n-up views)
  • New file management and workspaces with Adobe Bridge CS4
CS5 Universal Mac OS X, Windows White Rabbit 12 April 2010
  • Complex selections made easy
  • Content-Aware Fill
  • HDR Pro dan HDR Toning
  • Puppet Warp
  • Mixer Brush dan Bristle Tips
CS6 (13.0) Universal Mac OS X, Windows Superstition 23 April 2012
  • Perspective Crop Tool
  • Tambahan Menu "Type"
  • Tampilan layar dengan tema "Dark Version"

CS4

Adobe Photoshop Creative Suite 4 (Adobe Photoshop CS4) adalah versi terbaru program Adobe Photoshop yang dikeluarkan Adobe System Incorporated yang merupakan penyempurnaan versi sebelumnya. Adobe Photoshop CS4 telah mencakup software print, mobile, interaktif, film dan pembuatan video. Produk yang dikeluarkan oleh Adobe Photoshop CS4 meliputi: design premium, web premium, production premium dan master collection. Adobe Photoshop CS4 tersedia dalam dua versi.

CS5-CS6

Versi CS5 dirilis 2010,CS5.5 dirilis 2011,CS6 dirilis 2012.

Alternatif

Ada beberapa perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai ganti Photoshop, yang paling terkenal adalah Corel Photo-Paint (sepaket dengan CorelDRAW, Corel Painter, Corel Paint Shop Pro Photo XI dan Ulead PhotoImpact. Perangkat lunak lainnya termasuk Helicon Filter, GIMP, openCanvas, Paint.NET, Photoscape dan Pixel image editor.

Dan Berikut ini Aku sertakan Tutorrial Photosop agar dapat kita pelajari

Menghilangkan Jerawat Dengan Photoshop

FREE tutorial

Disini kita akan mencoba menghilangkan jerawat dengan cepat dan mudah tanpa banyak biaya...

Hanya dengan belajar ilmu photoshop

mari kita buktikan...

Langkah-Langkahnya:

1. Kita akan mencoba pada gambar yang telah tersedia di atas.
Anda bisa download atau save as gambar di atas.

2. Buka file gambar yang sudah kamu sediakan Klik pada Healing Brush Tool (dengan otomatis kursor akan berubah menjadi bentuk Lingkaran)

Posisi Healing Brush Tool pada jerawat

3. Atur diameter/besar lingkaran Healing dengan ukuran jerawat (untuk mengganti ukuran anda Klik Kanan pada layar kerja kemudian atur besar Diameternya)
Contoh:

Setting Healing Brush Tool

4. Tekan tombol Alt sampai kursor berubah seperti lambang SnapShot kemudian klik pada bagian wajah yang paling bersih atau tanpa jerawat (pilih pada bagian dengan kontras warna yang sama dengan bagian jerawat), lepas tombol Alt kemudian anda tinggal klik pada bagian wajah yang berjerawat hingga bersih..

Jerawat Hilang (dalam 7 menit - With Belajar-Grafis Miracle...)

5. Agar gambar lebih cerah atur contras warna dengan melakukan langkah sbb:
= Pilih menu Image > Adjustments > Curves : ganti nilai input dan output
Sebagai rekomendasi ganti dengan * input : 99 *out put : 146 atau atur sesuai dengan selera anda.

rekomendasi setting

Hasilnya:

The Power of Desain Grafis - www.ilmugrafis.com
Kulit Lebih Putih tanpa kosmetik


Selamat Mencoba...

Memanipulasi Gambar dengan LAYER MASK

Publish: 29 Januari 2008 | Author & Copyright: Irvan | Status: FREE tutorial

Salam Kenal… Aku numpang post tutorial memanipulasi gambar dengan LAYER MASK ya mas..sapa tau dengan berbagi ilmu Photoshop bisa bermanfaat untuk orang lain dan kelak kita bisa mendapatkan pahala dari yang kuasa.. amien…

Langkah-Langkahnya:
1. Sediakan dua gambar yang pengen kamu gabungkan


2. Buatlah file baru dengan ukuran sesuai dengan keperluan kamu [CTRL + N]

3. Masukkan dua gambar tadi kedalam file yang baru yang kamu buat dengan menggunakan Move Tool, secara otomatis jumlah layer pada window layer akan bertambar menjadi tiga layer

4. Pastikan posisi layer sesuai dengan gambar keterangan di atas atau gambar yang akan digradien dengan MASK berada pada posisi paling atas

5. Klik pada Layer yang akan kamu gradient dengan mask, kemudian klik icon Add Layer Mask pada Window Layer hingga pada layer tersebut muncul Layer Mask Tumbnail..(lebih jelasnya lihat gambar dibawah..)


6. Pilih Gradien Tool pada window tools, kemudian anda buat gradient pada gambar dengan cara menarik garis dari atas kebawah atau sebaliknya hingga anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan anda..

Hasilnya:

Selamat Mencoba...

Membuat Gambar seperti teknik Manual Grayscale

Sering kita melihat hasil karya baik itu desain computer atau karya seni manual, menggunakan teknik grayscale atau tidak menggunakan warna-warna yang sparasi/full color. Dan karya tersebut kelihatan menarik...

Namun kali ini kita akan Merubah Foto fullcolor menjadi grayscale dengan Filter Sketch pada Photoshop, sehingga foto menjadi seperti karya manual dengan Conte Crayon.

1. Pilih gambar (akan lebih terasa jika foto wajah)

2. Pilih File --- New, tentunya setelah buka program photoshopnya.

3. Masukkan gambar yang telah dipilih,
gbr 1.jpg

4. Klik pada Filter pada menu bar yang ada diatas halaman photoshop

5. Pilih Sketch --- sampai muncul pilihan disamping segitiga kecil,
gbr 2.jpg

6. Klik Conte Crayon ……

7. Setelah muncul window Conte Crayon, nah.. tinggal atur sesuai keinginan

8. Pengaturan Conte Crayon


9. Lalu setelah dirasa cukup tinggal klik OK.

10. Maka akan tercipta efek CONTE CRAYON pada gambar yang tadinya Fullcolor dan akan terlihat lebih dramatis.
Hasilnya:
gbr 4.jpg
Jangan lupa Save hasil akhirnya.
Begitu sedikit tips untuk membuat foto seperti hasil karya dengan teknik manual, semoga manfaat.




Cantik Dalam Sekejap - Make Over Kamera HP

Jaman sekarang hampir semua orang pake HP berkamera, dari yang kualitas VGA sampai yang berpixel-pixel…untuk HP yang pixelnya gede mungkin hasilnya bisa langsung OK, tapi buat HP dengan kamera VGA pasti ada sedikit banyak noise pada hasil jepretannya… makanya disini saya ingin membagikan sedikit ilmu buat kamu yang pengen nyoba OLDIG hasil jepretan HP kamu, yach dapat dibilang mempermulus hasil jepretan kamu lah…kali ini aku pake tambahan Plugins jadi kamu harus Download dulu…

Plugins Imagenomic Noiseware:

jika link di atas tidak bisa gunakan link mirror:


Ato cari di google service

kalo sudah ikuti langkah-langkah dibawah ini :
1. Extract terlebih dahulu file download tersebut
2. Copy folder Imagenomic hasil extract ke C:\Program Files\Adobe\Photoshop(CS\CS2\C3)\Plug-Ins
3. buka folder imagenomic dan Klik 2x pada file setup.exe yang ada dalam folder tersebut (ketika proses instalasi tersebut pastikan anda tidak membuka program Photosohop)
4. Instal seperti biasa, cara mendapatkan lisensinya?
anda bisa membayar langsung ke website resminya http://www.imagenomic.com/
atau bagi anda yg memang masih pelajar yg memang masih belajar photoshop dan sekedar mencoba (tidak untuk kepentingan komersil) maka bisa mendapatkan lisensinya dengan cara:
a. copy file patch.exe di dalam folder crack ke tempat anda instal imagenomic
biasanya default di C:/Program files/Imagenomic/Noiseware Professional Plug-in/ (disini)
b. klik 2x patch lalu pilih patch, setelah itu exit dan otomatis permntaan license akan hilang
c. selesai tinggal dipakai
(Note: IG tidak bertanggung jawab atas patch di imagenomic plugin ini, bagi yang menggunakan pacth maka resiko ditanggung sendiri)

5. Open file foto yang pengen kamu edit

Nih…aku pake foto temen, namanya ???? karena fotoku sendiri g da bgus2nya buat diedit..he3 6. Klik Menu : Filter > Imagenomic > Noiseware Professional
7. Maka akan muncul window seperti dibawah ini:

Pada Box Setting kamu bisa memilih sesuai dengan pengaturan yang telah disediakan, jika kamu kurang cocok maka kamu bisa mengatur sendiri sesuai dengan keinginan kamu…

Contoh:

Setting Full (Stronger Luma)

OK
Jika muncul window
7. Jika foto terlihat kurang cerah kita bisa mengatur brightness dan kontrast dari gambar yang sedang kita edit
Kali ini saya menggunakan Image > Adjustment > Curves
Referensi

INPUT : 90
OUTPUT : 125
Dan hasil akhirnya……………………


Penulis sangat mengharapkan komentar dari para pembaca…
Terima Kasih dan Selamat Mencoba 

Foto Hitam Putih Menjadi Berwarna

Ajaib.. Ajaib.. dan Ajaib... Hal itulah yang dulu pernah saya ucapkan ketika melihat teman saya mengubah dengan Adobe photoshop sehingga foto hitam putihnya menjadi berwarna, sekarang saya akan bagikan rahasia photoshop itu kepada anda...

Ok langsung saja, begini caranya:

Pada prinsipnya caranya sama seperti cara Efek Foto Dual Colors Max

1. Buka Gambar hitam putih anda dengan photoshop
Disini saya menggunakan foto teman saya
Klik gambar untuk memperbesar...

Download gambar

2. Ok Waktunya beraksi...

Ubah Foreground menjadi hitam dan Background menjadi putih
lalu klik Edit in Quick Mask Mode

3. Warnai Bagian kulit terlebih dahulu dengan Brush Tool

Kok jadi merah?? Tenang aja karena itu hanya untuk menandai bagian seleksi saja...
Nah setelah itu klik pada yang ditunjuk panah untuk masuk ke Edit in Standart Mode

Nah pasti muncul garis putus-putus kan.,,, itulah yang dinamakan daerah seleksi
Cukup mari kita lanjutkan saja...
setelah itu lakukan inverse dengan klik Ctrl + Shift + i (bersama - sama)

Ok mari kita lakukan pewarnaan
Caranya tekan Ctrl + U
Setting seperti ini:

hasilnya:

Nah sekarang kulitnya sudah berwarna... ;)

4. Nah tinggal mewarnai bagian Bibir, Baju, dan Background... dan Matanya...
Langkah-langkahnya seperti di atas... (sekedar intermezo aja... paling menyenangkan mewarnai bagian mata...)

Hasilnya:
Before (Sebelum diedit)

Foto Hitam Putih

After (Setelah diedit) - Klik untuk memperbesar tampilan
cantik
Wowwwww Berwarna... Foto jadi Cantik dan Anggun...
 

Efek Foto Dual Colors Max

Publish: 25 Mei 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial

Efek Foto Artistik kali ini adalah membuat Edit Foto dual colors max yaitu foto hitam putih yang di mix dengan foto berwarna sehingga terjadi perpaduan yang artistik, caranya mudah...

Sebagai langkah awal Siapkan Cemilan... Buat teman ngedesain supaya tetep kenyang dan bisa konsentrasi... :)
Jangan Lupa juga mainkan Lagu2 favorit kamu agar suasana hati juga nyaman dan tenang saat mendesain...
Yup Cukup... Baik langsung saja...

Langkah - Langkahnya:

1. Download dulu gambar Mobil Balap Sport di bawah ini

download gambar
Tips!!
Kamu bisa mencari gambar mobil yang lain dengan bantuan Google Services... dengan memasukkan
kata kunci: Automotive Cars atau Race Cars

2. Buka gambar hasil dowload dengan program photoshop

3. Ubah Foreground menjadi hitam dan Background menjadi putih
lalu klik Edit in Quick Mask Mode (pada gambar panah 2)

Agar masuk ke menu Quick Mask

4. Pilih Brush Tool

Lalu Warnai Area Mobil menjadi seperti gambar di bawah ini


5. Sekarang ubah Edit in Standart Mode


Dan tinggal Finishing Touch (penyelesaian)
Yup... Tekan Shift + Ctrl + U (bersama-sama)

Dan.... Hasilnya....
mobil keren
Wah Mobil Keren Di Balik Hitam Putih Dunia...
 SEMOGA BERMANFAAT


AIR HUJAN DI JENDELA

Publish: 28 Jan 2010 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE extreme tutorial

Wah sudah lama gak bikin tutorial photoshop. Tutorial ini terinspirasi dari musim hujan yang melanda Indonesia. Setelah hujan turun kulihat Air yang menggenang di jendela dan dengan belajar photoshop kita akan membuat guratan kata-kata indah di atasnya.

Let's Follow (twitter mode:on) hehehe...

Langkah-Langkahnya:

1. Buka Photoshop anda
2. Buka Gambar Percikan Air dan Jendela Kamar dengan Photoshop
Gambar a Percikan Air
air photoshop

Gambar b
Jendela Kamar
air photoshop
semua bahan gambar bisa diDownload Disini:
http://www.4shared.com/file/208885905/5dba306f/text_on_the_window_window.html

3. Mari kita Ke Gambar b dulu, gunakan Rectangular Marquee Tool dan seleksi bagian Pemandangan di jendela
air photoshop
Garis Putus-Putus menunjukkan batas seleksi , Setelah itu tekan CTRL + J untuk menduplikat layer
Hasilnya kita akan mendapatkan Layer 1 (duplicate dari seleksi anda)

4. Ok mari kita ke Gambar a
Buat Gambar a Menjadi hitam putih dengan menekan Shift + CTRL + U
Lalu Atur Levelnya: dengan menekan CTRL + L
Hasilnya:
air photoshop

5. Pindahkan gambar a ke gambar b dengan menggunakan move tool
Setelah itu tekan CTRL + T untuk Free Transform
Bagi yg belum tahu apa itu transform lihat Tutorial Penjelasan dan Penguasaan Teknik Transform
Sesuaikan dengan ukuran jendela ya, setelah pas tekan ENTER
Hasilnya:
air photoshop

6. Pindahkah Layer 1 ke atas Layer 2 , atur ke Mode: Overlay dengan Opacity 75% (sesuaikan)
Gambarnya:
air photoshop

7. Buat Layer Baru dengan menekan CTRL + Shift + N , ubah ke mode Overlay, Foreground warna Hitam
Ok sekarang gunakan basic brush Untuk menggambar / mencoret layaknya coretan jari diwaktu hujan

Tips dan Triknya: ukuran brush coretan pertama lebih besar, baru brush berikutnya lebih kecil agar kelihatan seperti nyata dengan efek rembesan air yg mengalir ke bawah
Yihaaa...
air photoshop
inilah coretan usil di jendela
Demikian Tutorial Air Hujan di Jendela

Oke , Salam Sukses untuk semua pengunjung dan pembaca di ilmugrafis
tak lupa motto dari ilmugrafis: semoga bermanfaat... :)

Teknik Seleksi menggunakan CHANNELS dan PATHS

Publish: 13 Jan 2010 | Author & Copyright: Irvan | Status: FREE extreme tutorial

Salam semua buat para pecinta ilmugrafis.com, lama g pernah gabung lagi di ilmugrafis jadi pengen berbagi lagi dengan temen-temen semua…
kali ini saya akan berbagi tentang teknik seleksi yang sedikit agak rumit tapi akan menghasilkan finishing yang maksimal, teknik yang digunakan adalah:
Channels : digunakan untuk pemecahan warna, dalam tutorial ini saya gunakan untuk memisahkan warna rambut dengan warna background.
Level : mempertegas pemecahan warna
Path : seleksi bentuk bebas, digunakan untuk menyeleksi bagian tubuh

Langkah yang akan kita lakukan:

1. Open file gambar yang akan kita edit :
FILE > OPEN > Pilih gambar > Klik OPEN
Untuk contoh saya menggunakan gambar di bawah ini:
photoshop tutorials


2. Tampilkan channels untuk memulai pemecahan warna
WINDOW > CHANNELS > Pilih warna yang paling kontras antara detail rambut dengan backgound > KLIK KANAN > DUPLICATE CHANNEL
photoshop tutorials


3. Atur level warna agar terlihat jelas antara batas rambut dan background
IMAGE > ADJUSTMENTS > LEVELS : atur seperti gambar dibawah ini atau atur sesuai dengan keperluan. Usahakan garis batas tangan dengan background masih terlihat agar memudahkan kita dalam proses seleksi PATH.
photoshop tutorials


4. Lakukan seleksi pada bagian objek model menggunakan PATH
WINDOW > PATHS > Create a new path > Klik PEN TOOL > buat seleksi seperti gambar di bawah ini
photoshop tutorials


5. Blok warna dengan warna hitam pada bagian yang kita seleksi
Pilih PATH yang telah kita buat pada Pallate Path > KLIK KANAN > FILL PATH
photoshop tutorials


6. Use Color pilih warna hitam : BLACK > OK
photoshop tutorials


7. Kuas seluruh bagian background dengan warna putih, untuk lebih mudah lakukan seleksi menggunakan path yang sudah kita buat.

KLIK KANAN PADA PATH > MAKE SELECTION > FEATHER RADIUS : 0 > OK

Menu SELECT > INVERSEKlik BRUSH TOOL > GUNAKAN WARNA PUTIH > Kuaskan pada background dan hati-hati pada bagian rambut
photoshop tutorials


8. Klik 2 Kali pada LAYER > OK
photoshop tutorials

9. Menu SELECT > LOAD SELECTION > Channel : RED COPY
Menu SELECT > MODIFY > FEATHER (CTRL+ALT+D)> 1 px
Klik ADD LAYER MASK
photoshop tutorials


10. Klik Menu IMAGE > ADJUSTMENTS > INVERT (CRTL+i)
photoshop tutorials


11. Buat Layer Baru dan atur warna foreground serta background yang akan kita jadikan sebagai dasar belakang gambar
photoshop tutorials


12. Klik Menu FILTER > RENDER > CLOUDS
Tambahkan efek pencahayaan : FILTER > RENDER > LIGHTING EFFECTS
Style : SOFT OMMI > Properties : atur sesuai dengan selera
photoshop tutorials


13. Pindah layer 1 ke posisi paling bawah sebagai background menggunakan move tool
Duplicate LAYER FOTO : KLIK KANAN > DUPLICATE LAYER
photoshop tutorials


14. Ubah Set Blending Mode Layer pada Layer 0 menjadi MULTIPLY
photoshop tutorials


15. Hapus bagian tepi rambut yang terlihat putih pada LAYER 0 Duplicate menggunakan eraser, hal ini bertujuan agar gambar bisa terlihat lebih menyatu, perhatikan gambar di bawah ini
photoshop tutorials


16. Duplicate Layer 0 Copy dan ubah set bending mode hasil duplicate menjadi HARD LIGHT.
Jika Gambar terlihat kurang cerah atau gelap gunakan Level atar Curver (crtl+L dan crtl+M)
photoshop tutorials


17. Jika langkah langkah di atas anda praktekan dengan benar maka anda dapat menghasilkan gambar seperti di bawah ini:
Teknik Seleksi tutorials
Teknik Seleksi
Untuk pertanyaan bisa email ke denmasvan@yahoo.com
Selamat berkreasi dan semoga bermanfaat bagi semua…amien


LADY in the FIRE

Publish: 22 November 2009 | Author & Copyright: Ervyn | Status: FREE extreme tutorial

Tutorial Photoshop Kali ni kita akan membuat manipulasi foto sehingga tampak seolah - olah gambar object seseorang di dalam foto seperti dikelilingi oleh api... ini kebalikan dari "LADY in the WATER" hehehe...

Langsung mule aja gan, ini tuto saya bkin mirip sm yg saya posting gan.. smpai detilnya deh ya??? hehehe...

1. Bikin new page dulu gan sizenya mah terserah... backroundnya item ya...

2. Lalu buat new layer (Ctrl+Shift+N) lalu klik Brush tool kasih warna orange ya gan... kira2 jadinya kek gmbar dibawah ini
tutorial photoshop


3 Abis ntu... [ Download image ] drag Render image yg ane sertain td gan... lalu potong tangan kanannya buat dikasihin tangan kiri kan g da gan jgn lupa di duplicate ya(Ctrl+J)... sesuain aj udah gan...


tutorial photoshop

4. Trs buang bawahannya yg kepotong td gan... terus flatten deh (Layer >> Flatten Image) tar pasti nyatu tuh... kl udah gitu tinggal drag lg aj/masukin ke page yg pertama kita buat td gan..
tutorial photoshop

tutorial photoshop


5. Maih kerja di layer ini, tekan Ctrl+J gan.. udah gt ubah Blendingnya jd Color trs warnain neh layer pk warna orange kek yg diatas td gan
tutorial photoshop
Biar kesannya panas beneran gan... mgkin da cara lain... tp saya jg lg blajar gan jd kita FreshTea aja (Ambil Enaknya aj...wkwkwk)


6. Ganti Backgroun n Foregroundnya jd Putih item gan...
tutorial photoshop


7. Udah kan gan? Kita bikin new layer lg, sekarang kita buat apinya, kl udah bkin new layer lg.. Lalu klik Add a layer style trs pilih Outer Glow.
tutorial photoshop


8. Abis itu bakalan muncul Docker Windows kek dibawah ini gan...
tutorial photoshop
Klik pada kotak no. 1, ganti warnanya jd merah gan... lalu ubah Blendingnya jd HardLight.. lakukan hal yg sama pada inner glownya gan cm bedanya inner glow ini agan ganti warnanya jd orange...


9. Trs tinggal Replace brushnya ke brush api gan (rons__flames) trs tempatin aj sesuka agan tuh brushnya (maksudnya klik dimana yg mo dikasih api gan... wkwkwk) jadinya kek dibawah ini gan...
Download Brush Api 1 - rons__flames [ download disini ]
Untuk cara pemasangan brush pada photoshop sudah dijelaskan di Photoshop Dasar tinggal dicari aja gan tutorialnya
tutorial photoshop


10. Aktipin Layer 1 gan... lupa td... wkwk...
tutorial photoshop
Kalo udah aktip... bkin new layer lg gan... trs kasih efek kek yg diatas td... langkah2nya sama aj gan... otre?
tutorial photoshop

Download Brush Api 2 - LadyVictoire_Flares [ download disini ]
Trs ganti brushnya ke “LadyVictoire_Flares_2” klik aj dibelakang pala tuh mantan saya... xixixi....
tutorial photoshop


11. Lalu make New Layer lg gan... kasih efek yg sama lg


12. Download Brush Api 3 - SS-arcane-circles [ download disini ]
Trs ganti brushnya lg ke “SS-arcane-circles” gan klik ditengah2 mantan saya tadi gan... wkwkwk... udah deh jadi...

Hasilnya kurang lebih seperti ini:
LADY in THE FIRE
LADY in THE FIRE (Saingannya LADY in THE WATER)
NB gan : Semuanya dah saya sertakan... jd agan g usah repot2 donlot brushnya... hehehe....


Selamat mencoba ....

Bikin Foto Jerawatan Jadi Super Duper Mulus

Tutorial Photoshop ini Pertama tama pastinya buka gambar yang akan diedit. klo saya pke gambar ini . tapi jujur ya , saya nggak tau lho ini wajahnya siapa . ngambil aja dari internet . hhe ..


Trus jangan lupa di duplikat layer ..

Klo udah di blur ya . pke GAUSIAN BLUR , radiusnya tinggiin sampe jerawat yang nongol nggk kelihatan lagi .
Kira – kira kaya gini nii ..

(Radius 11.0)

Kalo udah di blur dari pada History di klik 'CREATE NEW SNAPSHOOT'


Udah kan ? ok setelah itu kita undo atau ‘CTRL+Z’ trus taruh sourch nya di snapshoot yang baru aja kita buat tadi ..

Udah ? kalo gitu Nah sekarang pke tools yang bakalan qita pake adalah ‘HISTORY BRUSH TOOL
Trus ganti modenya yang ada diatas dengan ‘DARKEN’

Kalau sudah , sapukan brushnya ke wajah sampe rata , tapi inget ya ! jangan sampe kena mata , lubang hidung , dan mulut . trus jangan sampe detail wajahnya menghilang . ok !

Trus kalo udah , ganti modenya dengan ‘LIGHTEN’

Sama , sapuin juga ke wajah kaya yang tadi , terus liat gimana hasilnya
intinya Main Darken dan Lighten
Jadi deh .. sebagai pembanding sebelum dan sesudah diedit...

Gimana ? gampang kan ..
Selamat mencoba ..^_^

Demikian tutorial photoshop menghilangkan jerawat dan efek kulit mulus
P.S: Sering2 ke ilmugrafis untuk belajar ya...
Semangat, terimakasih semoga bermanfaat...


Disappear Photo Effect

Publish: 20 Agustus 2009 | Author & Copyright: Ervyn | Status: FREE extreme tutorial

Tutorial Photoshop ini mengikuti Teori Penyubliman(alah…). Tidak perlu banyak Bahasa basil g gan… cekidot…
Sebelumnya silahkan Download Brush-nya Disini
Download brush
(http://www.4shared.com/file/126150891/490100a6/41_Grunge_Brushes___PS7_by_KeepWaiting.html)1. Buka Image gan, saya gunakan mantan saya disini ^_^V Devon Aoki
tutorial photoshop

2. Setelah terbuka, Duplikatkan image background atau image pertama tadi atau tekan Ctrl+J
tutorial photoshop

3. Setelah itu kembali ke layer background, lalu gunakan Clone Tool, tutupi sebagian gambar Devon
tutorial photoshop

Lalu gunakan Heal Tool untuk memperhalus Cloningan tadi

4. Kembali lagi ke Layer 1, lalu buat New Layer

5. Load brush yg sudah di Download tadi dengan cara mereplacenya, lalu brows dimana anda meletakkan/menyimpan brush tadi.
tutorial photoshop
Klik brush tool >> Klik kanan pada layer >> Replace Brushes…

6. Gunakan Eyedropper untuk menyamakan warna brush dengan warna gambar/object, lalu klik kembali brush, tempatkan Brush sesuai warna.
tutorial photoshop

7. Usahakan brush tersusun dengan baik dan rapi. Jika ada kesulitan untuk menggunakan brush, bias dibaca di ilmugrafis.com tentang penjelasan pemakaian Brush.

8. Kembali ke Layer 1
Lalu gunakan Eraser Tool (E) Gunakan Brush yang sama seperti tadi, atau gunakan cara : Klik Eraser Tool >> Klik kanan pada Layer >> Replace Brushes… seperti pada langkah no. 5 hanya beda Tool.

9. Lalu hapus bagian-bagian yang dirasa perlu untuk dihapus pada layer 1
tutorial photoshop

10. Kemudian Flatten Image : Layer >> Flatten Image setelah manyatu duplikatkan lagi  Layer Background (Ctrl+J).

11. Blur Layer 1 : Filter >> Blur >> Gaussian Blur, kemudian ubah opacity Layer 1 menjadi 55%, sebenarnya langkah ini tidak harus digunakan, hanya untuk member kesan Soft saja.

Selesai, tinggal Save As aja gan… :D
tutorial photoshop
Sublime Angel - Devon Aki
Demikian gan manipulasi Photo cara yg sederhana saja yang sebenarnya ada cara yang lebih sulit, tapi saya pakai yang ini, cepat dan tidak repot… hehehehe…
Semangat gan, terimakasih semoga bermanfaat 

Menghilangkan Watermark dengan Photoshop

Publish: 7 Mei 2011 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial

Setelah di tutorial sebelumnya kita belajar membuat watermark, sekarang kita akan belajar Tutorial Photoshop cara menghilangkan gambar yang berWatermark. Wah penulis jadi inget lagunya Bang Haji Rhoma Irama yang Liriknya "Kau yang mulai kau yang mengakhiri" ^_^ . Apa itu watermark? anda bisa membacaya di tutorial sebelumnya yang berjudul Membuat Watermark di ILMUGRAFIS.

Ok seperti di tutorial sebelumnya mari kita berdoa dulu sebelum belajar agar mendapat rahmat dan hidayahNya

Langkah - Langkahnya:
1. Untuk tutorial kali ini saya merekomendasikan menggunakan photoshop CS 4 atau Photoshop CS5
Ok, Siapkan gambar yang berWatermark. Ini contoh saja saya dapatkan dari pakde Google
image ilmugrafis.com
foto stock - Brian Kell 2006

2. Tekan CTRL + J untuk menduplikat / menggandakan Layer
dan Siapkan peralatan perang kita yaitu Spot Healing Brush Tool
image ilmugrafis.com

setting dengan klik (aktifkan) content - aware
image ilmugrafis.com

2. Nah sekarang kita kuas , caranya tahan klik kiri pada mouse, dan buat penanda di atas watermark gambarnya seperti ini
image ilmugrafis.com
Sesuaikan ukuran kuas dengan watermark Tekan [ atau ] untuk menambah atau mengurangi ukuran kuas yang diperlukan
Hati-hati menjalankannya selama diatas tanda watermark. jika ada kesalahan tekan undo (CRTL + Z) untuk mengulang kembali

Sedikit - sedikit tapi pasti, kesabaran adalah kuncinya...
Jika persenjataan kurang, gunakan Clone tool (cara kerja clone tool bisa di baca di sini Cara Penggunaan Clone Tool

Hasil Akhirnya kira - kira seperti ini:
image ilmugrafis.com
nah lumayan kan, watermarknya hilang, cuma nggak terlalu bagus soalnya penulis buru2 nih maklum laper (sarapan)
image ilmugrafis.com
Sebelum = terdapat watermark Brian Kell 2006
Sesudah = Watermark Hilang
Tentunya teknik di atas hanyalah 1 dari sekian banyak teknik yang ada, improvisasi dan pengenalan tool photoshop akan lebih membuat anda semakin canggih dan mahir
Terima kasih dan selamat mempelajari, see u in next photoshop trick dan Efek Foto lainnya
Semoga bermanfaat
Retouching Foto dengan Efek Glamour
Publish: 14 Maret 2011 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE Extreme tutorial

Tutorial Photoshop kali ini kita akan membuat foto dari biasa menjadi luar biasa, istilahnya klo gak salah make over foto atau ada juga yang bilang retouching foto permak foto, apa aja boleh deh yang penting caranya kan.

oke sedikit penjelasan tentang efek glamour, efek ini adalah efek untuk menghasilkan nuansa sebuah foto yang lembut, dan membangun densitas cahaya gelap dan terang atau istilah sederhananya (biar gak ribet) yaitu efek foto soft (lembut) hingga enak dipandang mata :)

Ok, sekarang kita coba Retouching foto wanita inggris ini dengan efek glamour sehingga menjadi wah...

1. Buka Photoshop anda dan buka foto yang akan diedit
CTRL + O

2. Disini saya menggunakan foto wanita inggris yang saya ambil dari google secara random sebagai contoh saja
glamour
Miss Leah (panggil saja begitu) hehehe

2. Gunakan Healing Brush Tool untuk sedikit memperhalus kulit dan menghilangkan bintik - bintik hitam yang agak berlebihan di daerah hidung dan dahi
Caranya:
tekan dan tahan ALT pada keyboard dan klik kiri pada kulit yang halus namun warna kulit juga harus sama dengan yang akan diedit sehingga tidak timbul belang nantinya, lalu lepaskan tombol alt dan klik pada kulit yang kusam

glamour


3. Buat duplicat layer dengan menekan CTRL + J
Kemudian Klik Filter > Noise > Dust & Scratches kemudian setting radius ke 9 dan threshold ke angka 0
glamour


4. Kemudian klik Filter > Blur > Glaussian Blur
anda bisa menggunakan radius 2 - 5, untuk contoh disini pilih saja tengah - tengahnya yaitu 3
glamour


4. Kemudian pilih Layer > Layer Mask > Hide All dan anda akan mendapatkan gambar seperti ini
glamour
Kemudian klik kiri pada kotak hitam yang ada tulisannya layer 1
pilih standart brush dan mulailah mengusapkan brush ke kulit agar kelihatan glamour
langkah - langkahnya sesuai abjad ini
glamour
a. Aktifkan Brush
b. set Hardness 0%
c. set foreground (putih) background (hitam)
d. kuaskan dengan klik - klik kiri ringan ke arah kulit orang inggris ini

Hasilnya: kulit orang inggris ini seperti bercahaya dan lembut (soft)
glamour

Nah sekarang tinggal memberi efek lip gloss pada bibirnya, oke seleksi pada bagian bibir dengan menggunakan Pen Tool, masih ingat caranya? ah lupa ya oke klik disini saja klo lupa Tehnik seleksi [versi video tutorial] ambil langkah teknik seleksinya saja

5. setelah mendapatkan seleksi bibir bagian atas atau bagian bawah atau seleksi keduanya triknya disini
tekan CRTL + J untuk menduplikat layer dan tekan CRTL + U
glamour
centang COLORIZE
Hue : 360
Saturation: 80
Lightness: +5
OOOOK

nah sekarang turunkan opacity dan fillnya, pakai feel kita aja ya karena setiap orang beda - beda ada yang suka ngejreng ada yg suka soft
glamour
Dan hasilnya:
glamour
Wow, The Glamour british women... bahasa kerennya bidadari turun dari becak eh taxi ding
Terima kasih dan selamat mempelajari, see u in next photoshop trick dan Efek Foto lainnya
Hasilnya file PSDnya bisa didownload disini untuk kajian pembelajaran
 File hasil PSD Retouching foto
Semoga bermanfaat

Efek Taman Fantasy

Publish: 15 Januari 2011 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE Extreme tutorial

Wow lama tidak memuat tutorial foto efek, Tutorial Photoshop photo efek kali ini bertema Taman Fantasy. Penasaran cara membuatnya mari kita ikuti caranya:

1. Buka Photoshop anda, disini saya menggunakan Photoshop CS5
klo anda mengikuti tutorial ini disarankan menggunakan minimal CS3 atau versi di atasnya
setelah itu download bahan-bahan pembuatan tutorial ini di sini:
Download NOW
terdiri dari: Brush Rumput, Background Fantasy, Foto Putri Mawar
Ukuran 5.31 Mb

Masukkan gambar yang telah disediakan ilmugrafis [anda download di atas] ke dalam photoshop
caranya: tekan CTRL + O pilih gambar yg akan diedit [telah anda download]
image ilmugrafis.com

2. Buatlah seleksi dengan menggunakan PEN TOOL untuk menghilangkan background pada gambar wanita fantasy kita, caranya ada disini:
Memisahkan dan Menghapus Background [versi video tutorial]
ingat dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi dalam menyeleksi :)
sehingga kita dapatkan gambar seperti ini
image ilmugrafis.com
wanita fantasy tanpa background

3. Masukkan foto wanita tadi ke gambar Taman Fantasy menggunakan Move Tool
bagi yang belum tahu caranya silahkan pelajari disini:
Menggabungkan Gambar ke Dalam 1 Kanvas
Hasilnya:
Jangan lupa transform object agar sesuai dengan ukuran yang kita inginkan
caranya: Tekan CRTL + T
selengkapnya klik disini Penjelasan dan Penguasaan Teknik Transform
image ilmugrafis.com

4. Beri sedikit masking pada bagian Rok Tuan Putri (wanita fantasy)
image ilmugrafis.com
setelah itu
ikuti angka - angka yg ditunjukkan gambar arahan di bawah ini
image ilmugrafis.com
klik pada area masking panah [1], klik brush Tool [2], atur background dan foreground menjadi hitam - putih [3], sapukan rounded brush dengan Hardness 0% ke rok Tuan Putri
hasilnya kurang lebih seperti ini:
image ilmugrafis.com

5. Sekarang waktunya menambahkan brush rumput untuk menambah kesan alami pada bagian rok tuan putri
cara menambahkan brush photoshop ada disini:
Pemasangan dan Penggunaan Brush Photoshop Lengkap
setelah terpasang jangan lupa nonaktifkan Color Dynamic pada settingan brush
image ilmugrafis.com

sekarang mulai klik brush pada bagian rok sehingga rumput tampak mengelilingi rok dan terlihat natural
image ilmugrafis.com

6. Berikutnya menjadikan rambut tampak alami dengan Smudge Tool
image ilmugrafis.com
dan klik kanan dan tahan mouse pada rambut dari bagian dalam ke bagian luar, sehingga ada efek rambut acak-acakan seperti tertiup angin
anda juga bisa menggunakan zoom tekan [Z] untuk memperoleh tampilan/detail lebih besar
hasilnya kurang lebih seperti ini:
image ilmugrafis.com

7. Sekarang warnai Tuan Putri sehingga tampilan warnanya lebih natural
tekan CTRL + U
image ilmugrafis.com

8. Warnai Backgroundnya
tekan CTRL + U
image ilmugrafis.com
sekarang warna backgrond menjadi lebih detil
selesai:
image ilmugrafis.com
Efek Taman Fantasy
bisa juga ditambahkan efek2 yang lain yang telah kalian pelajari di ilmugrafis maupun web photoshop yang lain, jadi kreatifitas anda nantinya yang akan membuat segalanya jadi beda dan lebih menarik
Terima kasih, Semoga bermanfaat

EFEK SOFT HDR

Publish: 12 Desember 2010 | Author & Copyright: Ervyn | Status: FREE Extreme tutorial

Tutorial Photoshop ini saya namakan Soft HDR Effect karena HDR (High Dynamic Range) ini saya buat dengan cara saya sendiri, Efek HDR ini digunakan untuk mempertajam tampilan foto sehingga terlihat lebih detil, hehe.. Tanpa basabasi lagi brader en sister... Cekidot...
Langkah-langkahnya :

1. Saya gunakan image dibawah ini.
image ilmugrafis.com
Foto: Mengawasi Tambak
Anda bisa menggunakan Foto anda sendiri atau bisa mencari Di Google Service keyword "HDR Photo"
Lalu pilih menu Image >> Adjustments >> Level >> Auto >> OK.

2. Pilih menu Image >> Adjustments >> Shadows / Highlights...
Maka akan muncul windows seperti dibawah ini
image ilmugrafis.com
Jangan lupa Check Boxnya yang saya beri tanda merah.

3. Untuk yang menggunakan Image saya diatas, settnya adalah sebagai berikut :
Shadows - Amount : 50%, Tonal Width : 60%, Radius : 20px
Highlights - Amount : 60%, Tonal Width : 55%, Radius : 30px
Adjustments - Color Correction : -20, Midtone Contrast : +70.
Untuk yang tidak menggunakan image saya diatas, silahkan di sett sesuai keinginan.
Klik OK.

4. Pilih menu Image >> Adjustments >> Selective Color, akan muncul windows seperti dibawah ini.
image ilmugrafis.com
Set Method menjadi Absolute, kemudian Colors Red Kurangi sesuai keinginan, lihat di preview di photoshop teman-teman sekalian, yang harus dikurangi adalah Reds, Yellows, Greens (Sedikit saja), Neutrals. Dan yang harus ditambahi adalah Blacks (sedikit saja), Blues dan Cyans. Klik OK.

5. Sebenarnya ini sudah jadi HDR tapi agar terkesan lebih dramatis kita tambahi effect gelap pada pinggir-pinggirnya dengan menggunakan Standard Brush Photoshop.
Pilih Soft Rounds Brush.
Perhatikan gambar dibawah ini.
image ilmugrafis.com
Ubah Opacitynya menjadi kecil, dibawah 50% sesuai keinginan,
kemudian tekan Ctrl +Shift + N lalu sapukan brush pada bagian pinggir-pinggirnya satu kali sapu,
jadi jangan sampai terputus, ulangi lagi tapi lebih sedikit keluar dari sapuan brush pertama tadi.
Lihat image dibawah ini
image ilmugrafis.com
Sudah jadi... Cheers...
Demikian brader en sister HDR ala Fara Quinn... Eh ala Ervyn... Haha...
Turorial ini diarsipkan di ilmugrafis kategori Photo Effect
Semoga Bermanfaat

Morphing Tutorial Evolusi Hewan ala Photoshop

Publish: 18 Oktober 2010 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE Extreme tutorial

Pernah melihat foto hewan - hewan aneh, bagaimana itu bisa terjadi kenapa bisa demikian? ada dua jawaban yang mungkin bisa menjelaskan yaitu Evolusi dan Manipulasi Morphing ala Photoshop.

Sedikit penjelasan tentang Evolusi adalah proses perubahan secara berangsur-angsur (bertingkat) dimana sesuatu berubah menjadi bentuk lain (yang biasanya) menjadi lebih kompleks/ rumit ataupun berubah menjadi bentuk yang lebih baik.Proses evolusi biasanya berlangsung lama. Dalam konteks penggunaan istilah, evolusi seringkali digunakan untuk menggambarkan perkembangan yang lambat.

Morping (Evolusi ala Photoshop) maka proses Evolusi akan terjadi lebih cepat dan lebih "extreme". Ok sesuai dengan tutorial kali ini yaitu mari kita me-Morphing Kadal menjadi Kadal berkepala Gajah (wow...) beneran tuh gan? klo di dunia nyata sih tidak ada klo di dunia grafis ala ilmuGrafis hal itu sangat mungkin

berikut Langkah - Langkahnya:

1. Download 2 gambar ini:
gajah indonesia
Gambar Gajah Indonesia

kadal
Gambar Kadal Amerika

Download kedua File Latihannya disini : Download File Latihan

2. Buka kedua gambar di Photoshop, untuk mengikuti tutorial ini usahakan anda telah menguasai dasar dasar photoshop, jika belum silahkan belajar dasar photoshop dulu di kategori Photoshop Dasar

3. Sekarang kita seleksi kepalanya si gajah lalu kita pindahkan ke gambar kadal
Caranya: gunakan pen tool, buat titik - titik seleksi pada bagian kepala gajah untuk lebih detailnya lihat di tutorial ini SELEKSI DENGAN PEN TOOL
hasilnya:
image ilmugrafis.com
Lalu setelah terhubung garis seleksi tersebut, klik kanan pada Kanvas (kepala Gajah) lalu pilih Make Selection Pilih Feather Radius : 2, centang Anti Alias, Klik OK dan anda telah mendapatkan seleksi kepala Gajah tersebut. Selanjutnya gunakan Move Tool untuk memindahkan Kepala gajah ke Gambar Kadal


3. Setelah memindahkan kepala gajah ke gambar kepala Kadal, maka pada pallete layer Klik kanan Layer 1 lalu pilih Convert to Smart Object
image ilmugrafis.com
hal ini akan membantu agar menjaga kualitas gambar sewaktu kita Potong


4. Sekarang waktunya pewarnaan agar Kepala Gajah terlihat mirip warnanya dengan Si Kadal (bukan si Kancil loh, wkwkwk)
caranya tahan tombol ALT pada keybord lalu pilih hue / saturation
image ilmugrafis.com
Lalu atur hingga kelihatan hijau, disini menggunakan pengaturan seperti ini
image ilmugrafis.com


5. Buat layer baru dengan menekan CTRL + Shift + N
Beri nama Kulit
image ilmugrafis.com
Ok Sekarang Waktunya Cloning... Yuhui.... di layer Kulit
Agar cepat Pastikan Pilih All Layer
Cara Cloning ada disini (biar yang pemula gak bingung) hehehe... dan saya juga tak perlu menjelaskan panjang x lebar = luas
inilah yang paling sulit, Gunakan imajinasimu, dan mulailah mengkloning Bagian tubuh dari Si Kadal ke Kepala Si Gajah , sapu dengan hati - hati dan penuh perasaan , untuk contekan bisa lihat gambar dibawah ini
image ilmugrafis.com
kuping agak sedikit samar, bagian kepala ubun2 beri sisik dan hindari area mata

6. Nah Seperti yang kita lihat, kuli dari Kadal ini ada yg mengkilat ada yg tidak, maka gunakan Burn Tool dan Dodge Tool untuk mengeditnya
Tutorialnya ada disini Memutihkan Warna Kulit Pada Foto (busyet banyak banget gan yg dipelajari? itulah kenapa kita harus menguasai dasar dari photoshop, tetep semangat ok)


7. Langkah terakhir yaitu, Buat layer baru dengan menekan CTRL + Shift + N
Beri nama Kamuflase, Fill dengan Warna Hijau (#336600) dan set Blending mode: Overlay , Opacity: 31%
image ilmugrafis.com
Taraaa....
hewan aneh
Jadilah Kadal berkepala Gajah, bukan sulap bukan sihir cuma pakai Photoshop , wkwkwk...
Saya harap para pengunjung setia ilmugrafis mengerti dengan detil yg saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan
Terima Kasih
Semoga Bermanfaat

Efek Vinttage Photo Prewedding

Publish: 05 Mei 2012 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial

Photoshop Tutorial kali ini saya akan memberikan efek foto Vintage pada foto Prewedding. Dengan Efek Vintage maka Photo akan terlihat diambil beberapa tahun lalu sebelum era digital seperti saat ini namun efek ini tidak terlalu jadul atau lebih tepatnya membuat gambar biasa menjadi bergaya klasik dan terkesan seperti foto tahun 80-an (wah saya belum lahir tuh).

Ok mari kita lanjutkan ke tutorial photoshopnya, disini saya menggunakan photoshop CS3, namun bisa juga diterapkan di photoshop CS lainnya

1. Buka foto prewedding yang akan kita edit dengan photoshop
Caranya: pada menu photoshop klik File >> Open >> Pilih gambar >> Open
vinttage wedding
Foto prewedding orang jepang :)

2. Seperti biasa Duplicate Layer dengan menekan tombol CTRL + J , setelah itu tekan CTRL + M untuk mensetting curve
Rubah Channel ke warna "Blue", jangan di OK karena kita belum selesai
vinttage wedding

Rubah Channel ke warna "Green",
vinttage wedding
jangan di OK, tunggu 1 lagi...

Rubah Channel ke warna "Red"
vinttage wedding
nah ini baru di OK
Setting di atas bersifat tidak mengikat (dinamis) anda bisa mengatur sesuai sense (feeling) desain anda

3. Sekarang tambahkan noise
Filter >> Noise >> Add Noise Isi amount sesuai keinginan anda
vinttage wedding
4. Langkah berikutnya memberi efek Vignette pada photo. Efek dari Vignette adalah memberi efek gelap di semua sisi photo.
Caranya klik:
Filter >> Distort >> Lens Corrections
kemudian atur Setting Vignetenya sesuai kebutuhan anda
vinttage wedding

Hasilnya:
vinttage wedding
Photo PREWEDDING dengan Efek Vinttage
Jika anda Punya masalah dengan Photoshop cek Kumpulan Tutorial, Video Tutorial Premium atau silahkan kontak ILMUGRAFIS
Terima kasih, Semoga bermanfaat

Digital Make Up Menghaluskan Kulit

Publish: 21 April 2012 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial

Bertepatan dengan hari Kartini yaitu 21 April mungkin inilah seri tutorial yang ditunggu - tunggu para penggemar Photoshop, Fotografer, tukang Edit foto dll yaitu Seri Tutorial Digital Make Up. bagi yang belum tahu apa itu Digital Make Up adalah tehnik make over foto yang biasa menjadi luar biasa seperti habis diMake up. Pada Tutorial Photoshop kali ini saya akan mencoba membagikan bagaimana cara melakukan Makeover kulit (Menghaluskan Kulit) terutama wajah jadi kesannya seperti di kasih bedak (Make Up) secara digital menggunakan Adobe Photoshop CS, mari kita praktikkan Teknik Make Up untuk Kulit

1. Buka Photoshop, disini saya menggunakan Photoshop CS3, namun tutorial ini bisa dipraktekkan juga di photoshop CS4 maupun CS5 bahkan CS6 beta
Caranya: Start >> All Program >> Adobe Photoshop CS3

2. Buka / Masukkan foto yang ingin kita haluskan kulitnya (make over)
Disini saya menggunakan Foto Tetangga saya, (tetangga jauh) hehehe...
memperhalus wajah
intermezzo: belum di make over aja dah manis :) ! Eits, yo, fokus kembali ke tutorial ayo (^_^>c^_^)

2. Tekan CRTL + J untuk menggandakan Layer

3. Saatnya memberikan efek Surface Blur
Caranya: Klik Filter > Blur > Surface Blur
property of ilmugrafis
jangan terpaku pada setting di atas hanya sebagai contoh, Gunakan sense of design anda
(disini saya memakai Radius 13 dan Threshold 14 karena saya suka make up yang minimalis)

Radius : menentukan ukuran area sampel untuk blur.

Threshold : mengontrol berapa banyak nilai-nilai tonal piksel di sampingnya harus menyimpang dari nilai pixel pusat sebelum menjadi bagian dari blur.
Piksel dengan perbedaan nilai kurang dari nilai Threshold tidak akan diblur.

4. Sekarang saatnya menambahkan Layer Mask
Layer mask disini fungsinya untuk menyembunyikan bagian layer pada Foto yang tidak diinginkan
Caranya: Klik Layer Mask (vector Mask)
property of ilmugrafis
Letaknya di sebelah kanan Fx

5. Klik Layer 1 (A) Lalu klik brush tool (B)
property of ilmugrafis

6. Pada Properties bar di sebelah atas, Dimana itu properties bar? belum tahu maka klik Gambar Layout Photoshop
property of ilmugrafis
Klik panah kecil agar muncul dropdown properties dari brush

7. Sekarang tekan (tombol D) pada keyboard untuk menresset background dan foreground, setelah itu tekan ( tombol X )
Ok, mari kita sapukan brush pada bagian yg lain (selain kulit) agar kesan naturalnya tidak hilang
property of ilmugrafis
Disini saya menyapukan ke area rambut, tapi gambar di atas (abu - abu) hanya ilustrasi saja.
Setelah selesai maka akan terlihat area kulit lebih mulus, nah klo kurang natural tinggal diturunkan saja opacity dan fill nya sehingga hasilnya bagus dan natural ala Salon Kecantikan

Pada kenyataanya nanti hasil sapuan kita akan seperti ini:

property of ilmugrafis
Gambar Asli (sebelum diedit)
property of ilmugrafis
Gambar Hasil (setelah di Haluskan Kulitnya)

Hasil Digital Make Up pada Kulit, sampai ketemu di tutorial Digital Make up yang lainnya... :)

Terima kasih, IlmuGrafis "Semoga Bermanfaat" ….
 - ALL - (  From ilmugrafis )




Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Tentang Photosop beserta Tutorial ini dipublish oleh Unknown pada hari Senin, 09 Desember 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Tentang Photosop beserta Tutorial
 

0 komentar:

Posting Komentar